Sabtu, 18 Oktober 2014

Tiga ilmuwan Bersaudara


Banu Musa bersaudara(Abad ke 9);

Tiga ilmu Bersaudara



PROFIL


Banu Musa,atau keluarga musa,terdiri dari tiga bersaudara.yaitu :


1.      ABU JA”FAR MUHAMMAD ibn SHAKIR,ahli fisika,geometri,teknik,dan astronomi


2.      AHMAD bin MUSA ibn SHAKIR,ahli nteknik dan mekanik

3.      AL-HASAN bin MUSA ibn SHAKIR,ahli rekayasa,dan geometri



Mereka bertiga bersaudara adalah putra dari Musa bin Shakir .Musa bin Shakir adalah seorang cendekiawan terkemuka abad ke-8.Musa bin Shakir bekerja sebgai ahli astrologi Khalifah al-Ma’mun di irak .



JASA TIGA BERSAUDARA

Banu Musa bersaudara adalah pengarang buku al-hiyah(buku alat-alat pintar).buku ini berisikan 100 macam mesin,seperti:pengisi tangki air otomatis,pengolahan logam,teknik tambang,lampu tambang,lampu badai,lampu otomatis,tekanan diferensial,dan masker gas.



            Dalam bidang arsitektur,Banu Musa bersaudara menciptakan rancangan pembuatan air mancur,kincir air,dan sistem kanal bawah tanah  seperti yang terkenal di belanda.

Dalam bidang pertambangan,Banu Musa bersaudara menulis dalam kitab al-hiyal tentang teknik survey dan pembuatan tembangbawah tanah.



Dalam bidang matematika dan geometri,Banu Musa menulis cara menghitung luas serta volume,mengunakan rumus matematika.Banu Musa juga menjelaskan mengenai angka konstans phi.ini adalah besaran dari pembagian diameter lingkaran.mereka mengajarkan cara membuat lingkaran dengan mengunakan besi siki atau jangka.masing masing ujung besi itu diletakkan di titik  berbeda.kemudian diambil sudut tertentu.dengan mengambil salah satu ujung tumpuan dan  ujung lainnya diputar melingkar.dengan demikian dapat digambar sebuah lingkaran sempurna.dalam bidang seni music,Banu bersaudara membuat alat music hydropowered organ,organ yang membuat air  untuk menghasilkan bunyi.alat ini diproduksi hingga abad ke-19.mereka juga membuat alat yangdisebut seruling otomatis.seruling otomatis merupakan salah satu mesin yang bias diprogram pertama kalinya.   



MANFAAT

Kitab al-hiyal  atau kitab perangkat mekanik memberikan warisan berguna bagi perkembangan teknik dan arsitektur dalam dunia islam .penemuan cara pembuatan air mancur oleh Banu Musa bersaudara memberiakan sumbangan bagi kemajuan artitektur islam.sebab,air mancur itu snagat berguna untuk mempercantik taman dengan meletakkannya diantara pepohonan atau dalam sebuah kolam yang indah.
kemudian copy kode dibawah ini

    Semua Tentang Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar